Jumat, September 13, 2013

Cara Membuat Sosis Gulung Telur Dadar


Pertama melihat tampilan Sosis Gulung Telur Dadaar ini di salah satu majalah kuliner , dibuat terpesona aku dengan kemunculannya.  Cantik saat disajikan dlm bentuk potongan bulat-bulat seperti itu. Suka sekali dan berterima kasih kepada sang pembuat bentuk sosis gulung yang pertama kali
Biasa suka ku padukan saat menyantap menu Nasi Tumpeng juga nih ....





Resep SOSIS GULUNG Ala mbak R
Bahan-bahan yang dibutuhkan :
1 bh sosis , aku pakai beef frank Bernardi
2 butir telur ayam utuh, uk agak besar
sedikit garam halus/bisa juga pakai kecap asin saja, secukupnya sesuai selera keasinan kita
1/2 sdt air matang
sedikit margarin

Cara membuat :
1. Bila suka lebih matang, sosis bisa ditumis sebentar dengan sedikit saja margarin. Tiriskan, siap digulung.
2. Kocok lepas 2 butir telur ayam utuh, tambahkan garam /kecap asin , kocok asal tercampur rata saja, setelahnya baru tambahkan air matangnya. Aduk/kocok merata.
3. Hangatkan wajan teflon agak kecil , uk diameter sekitar 10-15cm, poles permukaan dengan minyak zaitun/margarin tipis aja, setelah mulai agak panas , mulai tuang kocokan telur ayam tadi secukupnya saja, buat dadar telur tipis, setelah permukaan mulai matang, angkat wajan, letakkan dadar telur pd piring/wadah datar, segera taruh 1 bh sosis diatasnya, gulung rapat. Sisihkan.
4. Buatlah dadar telur lapisan kedua spt diatas td, lalu setelah matang, letakkan gulungan pertama tadi diatasnya dan gulung kembali padat. Lakukan step spt ini hingga adonan dadar telur habis.
5. Setelah itu, diamkan sejenak, barulah siap dipotong.
6. Potong ujung gulungan dadar hingga menyentuh ujung sosis, sisihkan . Baru setelahnya kita potong lagi dengan ketebalan sekitar 0,5 - 1cm , hingga selesai satu gulungan , tata /sajikan gulungan sosis sesuai kebutuhan/selera.

**Variasinya, kadang aku tambahkan italian herb ke dalam adonan dadar telur/ sedikit parutan keju cheddar.



Artikel Terkait

9 komentar:

iren mengatakan...

Cakep bgt tampilannya mba,mau cobain ah:)

Nia mengatakan...

Thanks for sharing, mba...
Cocok banget buat bekal si kecil ;-)

Mesin Penggiling Daging mengatakan...

Wah sehat nih sosisnya cocok buat anak-anak. btw giling dagingnya pakek apa mba? kalo usahanya besar mah mending pakek emsin penggiling daging biar praktis. :)

evalin mengatakan...

Mau di cba sbtu nanti buat nasi kuning ultah anak..

Malik Muqtadir mengatakan...

Oh dham,, Your article is the best .thnks. its' works maan
Oh dham,, Your article is the best .thnks. its' works maan
Oh dham,, Your article is the best .thnks. its' works maan
Oh dham,, Your article is the best .thnks. its' works maan
Oh dham,, Your article is the best .thnks. its' works maan
Oh dham,, Your article is the best .thnks. its' works maan

Anonim mengatakan...

Kenapa kocokan telornya pake air mba?

Khasiat Daun Alami mengatakan...

Makasih ya atas informasinya sangat bermanfaat sekali
kolang kaling

ita purnama sari mengatakan...

Mba itu kan pake air. Kalo pake tepung maizena bisa juga ga?

Watch box office mengatakan...

Enak nih, cocok buat bekel, cara buat nya juga simple ^^ Thanks for share

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...